Sabtu, 08 Januari 2011

Tips meningkatkan nafsu makan

Hari ini bunda seneng dan bahagia karena sudah sekitar 2 minggu terakhir ini keia mau makan dengan lahap..bunda bilang akhirnya, karena sudah lama keia mengalami yang namanya GTM (Gerakan Tutup Mulut).Walaupun gak total GTM, tapi sering juga lho gak mau makan sama sekali, kadang mau tapi dikit banget, atau agak lumayan tapi paling sekali makan aja.

Kisah ini bunda sharing dengan harapan dapat membantu bunda2 yang lain yang pernah atau mungkin sedang pusing memikirkan anak GTM

Pada saat keia umur 6 bulan, bunda mulai mengenalkan dengan makanan semi padat, bunda mengawalinya dengan ngasih tepung gasol yang beras coklat. Keia semangat sekali makannya, wah tambah semangat dunk bundanya ^^.Mulailah bunda ikut milis MPASI Rumahan yang sangat bermanfaat buat bunda cari2 resep atau sharing dengan bunda2 lain (banyakan nyontek resep siy hehe..).Bunda ikutin aturan dengan mengenalkan sayur dulu terus buah akhirnya kombinasi, semua berjalan lancar tanpa hambatan. Walaupun sedikit repot, tapi itu sangat menyenangkan melihat anak kita mau makan hasil karya kita yg entah seperti apa rasanya ( tanpa gula dan garam soalnya).
Banyak siy omongan orang yang nggak enak ngeliat makanan yang bunda buat, katanya terlalu banyak aturan lah, kasihan gak ada rasanya, atau ribet lah,dll.tapi bunda gak perduli karna ini demi kebaikan anak bunda sendiri.

Saking semangatnya, bunda suka berlebihan ngasih makannya.keia uda kaya mau muntah tetep aja disuapin,mumpung mau alasannya waktu itu hehe sadis ya bunda. nha disitulah letak kesalahan bunda, lama2 keia jadi mungkin trauma ngeliat makanan (maafin bunda ya nak..)kalo gak salah mulai bulan 10-11 keia mulai susah makannya.

Wah..panik dunk bunda. Segala macam cara bunda lakukan buat menarik minat makan dia. Bunda bikinkan finger food yg ternyata dia mau,setelah itu dia uda gak mau lagi, segala macam resep bunda coba buat mengisi perutnya ..sebagian besar bunda ambil dari file milis MPASI Rumahan dan sharing resep temen2 anggota milis tsb (thank you so much temen2...) alhamdulillah meskipun sedikit, ada makanan yang masuk ke perut mungil keia,bunda uda seneng banget. Bunda sering ngiri ngeliat temen2 keia yang makannya gampang,liat makanan langsung mulutnya buka lebar.
Pernah juga bunda bawa keia ke Ahli Gizi dan diberi resep "Susu Modifikasi" yang isinya Telur ayam kampung, Susu, tepung beras,jeruk baby sama minyak jagung. Tapi itupun susaaaah sekali ngasihnya ke keia dan akhirnya gagal.
Pernah juga dokter meresepkan vitamin curvit, pernah diminumkan tapi sepertinya gak ngaruh dan dengan pertimbangan kasihan kalo vitamin akan berakibat tidak baik buat ginjal keia, akhirnya kita stop ngasih vitamin.

Bunda terus mencari informasi di internet tentang tips nafsu makan, dan banyak yg bunda uda lakukan, tapi sepertinya itu hanya sedikit pengaruhnya..

Sebenarnya banyak siy yang mau bunda ceritakan mengenai usaha2 apa yg telah bunda lakuin buat keia, tapiii....entar pada bosen niy gak nyampe2 ke intinya hehe..

Okelah, perjuangan bunda bisa membuahkan hasil awalnya dengan hipnoparenting.Apa itu hipno parenting, cari sendiri di mbah google ya..Pokoknya bunda uda coba, pas dia awal2 bobo, bunda bisikin gini, keia suka makan, keia makannya banyak..gitu2 deh intinya. Hasilnya lumayan, tapi gak terlalu banyak kenapa hayooo? karna bunda seringan ketiduran duluan daripada keia hehe...InsyaAlloh kalo dilakukan dengan rutin dan teratur akan membuahkan kasil, dan ini bukan hanya untuk nafsu makan lho.

Selanjutnya bunda pernah dikasih tau temen kantor bunda namanya mb dayu (tapi uda resign), dia tuh dulu kecanduan kopi sampai jatuh sakit (lupa sakit apaan) habis itu dia pergi ke salah satu dokter, dikasih informasi2 mengenai akibat2 minum kopi,resiko,dll habis itu besoknya sampai sekarang pun dia gak ada keinginan sedikitpun buat minum kopi.kereen yah...
nah, karna teringat cerita itu bunda pengeen banget ke dokter itu.Cari2 no telf mb dayu tuh dengan melalui banyak temen( makasih ya temen2 semua),akhirnya dapet lah dan langsung bunda minta alamat dokter itu, namanya Dr.I Made Adi Saskara, dokter itu gak mau ngasih antibiotik alasannya penyakit itu ibarat orang, kalo dilawan dengan kejahatan gak ada habisnya, jadinya bunuh2an lah, jadi semua dari dalam diri nanti penyakit itu akan pergi sendiri kalo kita bersikap baik terhadap tubuh kita.
sampai disana wow, antrinya lumayan bo',kebanyakan orang setengah baya yang punya penyakit.Jadi dokter ini cara nyembuhinnya semacam terapi atau pijat.dari review mereka siy pada cocok makanya antrinya lumayan ( 1 orang sekitar 15 menit)
sampailah giliran bunda,abi dan keia yang masuk.Disana bunda bercerita apa maksud bunda,cuma satu BIAR MAU MAKAN ^^
Dokternya nyantai cuma bilang, bu kalo mau anaknya makan lahap, ciptakan suasana menyenangkan saat makan( dalam hati bunda waktu itu, ah itu mah uda tau, uda sering malah..tapi gak ngefek).Terus yang paling penting katanya, rendam anaknya dengan air dingin.wakss..apaa?emang gak papa dok,nanti masuk angin,ntar pilek, sakit dll..mulai parno deh bunda.
Dokter adi bilang, anak saya aja dari bayi gak pernah pakai air hangat.Sering2 aja dibawa ke sanur atau kolam renang umum berendem deh disana.
Oke deh dok, saya coba, tapi kalo pilek gimana.
Ya baguslah, berarti keluar penyakitnya
Okelah kalo begitu akan bunda coba..

Setelah itu, setiap keia mau mandi kita gak perlu repot2 ngrebus air. wah...bunda demen niy, ngirit gas jadinya hehe..dan keia ternyata senenggg banget berendem air gitu di ember, mandi bisa setengah jam bahkan lebih.Awalnya emang pilek, tapi bunda biarin aja.

Lama2 mulai niy kelihatan hasilnya..makan nambah mulu, belum dikasih makan uda teriak2 mamam...bahkan masih ada di mulutnya pun uda a'..a'..
alhamdulillah bunda senengg banget, mudah2 terus seperti itu ya nduk.
bunda gak maksa keia biar gendut lagi seperti dulu, bunda cuma pengin keia tetep sehat karna dengan makan makanan bergizi,daya tahan tubuh juga akan meningkat..

Spesial thanks for Milis MPASI rumahan (mbak dian prima dkk) serta pak dokter made adi saskara yang saya hormati, oya juga the urban mama dan temen2 yg sharing tentang hipnoparenting.

Sekian dulu pengalaman bunda, semoga bisa bermanfaat ya.Jangan lupa untuk tetap semangat memberi makanan bergizi buat buah hati kita karna itu salah satu modal untuk masa depannya....byeee
Share on :

3 komentar:

botol kaca asi banjarmasin - baju menyusui banjarmasin - kalimantan selatan mengatakan...

tips yang bagus...thanks

Unknown mengatakan...

Thanks tips ny bunda... akan saya coba dech... :D

Unknown mengatakan...

Thanks tips ny bunda... akan saya coba dech... :D

Posting Komentar

 
© Copyright Keia Days 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all